Gak Usah Ribet Kalau Bikin Mobile Landing Page

27 Mar 2012

mobile-friendly-websites-for-small-businesses

Minggu ini, perjalanan saya di ranah web site mencapai apa yang disebut sebagai Information Architecture (IA). Mari kita simak sejenak perihal IA.

Bagi anda yang bekerja sebagai serdadu-serdadu web, mungkin pernah mengalami hal berikut. Ketika membangun sebuah situs baru, pastinya kita juga memikirkan dari sisi kontennya. Harapannya, orang yang datang di web kita langsung dapat memahami isi dari konten, agar informasi brand yang kita sebarkan mudah terserap orang.

Nah, seiring dengan meningkatnya akses web via mobile, kebanyakan orang akan melakukan browsing dari ponselnya. Terkadang, kompleksitas IA yang telah kita susun membuat orang bingung akan konten di dalamnya.

Kini pertanyaannya adalah: seberapa efektifkah halaman pertama Anda mencakup keseluruhan konten. Atau lebih singkatnya apakah orang akan bosan begitu melihat halaman muka situs mobile anda?

Berdasar penjelasan praktisi web Sherwood Stranieri, sebenarnya hal diatas dapat diantisipasi dengan sangat mudah. Buatlah IA yang mencakup isi konten secara efektif. Jelasnya, lihat bagan berikut:

e69bed6a4190e2e2146c324d7da29345_bagan

Ternyata kunci IA yang baik dalam kasus ini cuma dua: search box dan sitemap di bagian atas. Maka buatlah IA yang gak terlalu ribet pada mobile landing page anda.

Basicly, mobile landing page merupakan salah satu cara yang efektif untuk memasarkan produk anda di internet. Setelah project Anda jadi, segera sebarkan melalui channel-channel social media. Jika alurnya benar, efektifitas mobile landing page anda bisa diukur mudah dalam waktu singkat. Begitu pun dengan kampanye digital brand Anda.


TAGS web internet mobile


-

Author

Follow Me