#SoLoMo a.k.a Social Local Mobile Marketing

4 Jun 2012

Pagi ini saya membuka-buka Android RAZR saya dan menemukan bahasan menarik soal Social Media Marketing. Namanya adalah #SoLoMo a.k.a Social Local Mobile Marketing.

Sadar atau tidak social media sudah merekat hampir di semua pemilik smartphone. Permasalahannya adalah bagi kita pemilik bisnis lokal, sudahkah kita memanfaatkan peluang tersebut?

Artinya sudahkah kita menggunakan social media untuk mempromosikan bisnis kita? Bukan secara global tapi lokal saja.

Berdasarkan blog webcoach, yang diposting Senin (6/4/2012), berikut adalah beberapa penjelasan dari #SoLoMo tersebut.

Apakah #SoLoMo Marketing itu?

Pada dasarnya ini adalah teknik social media marketing yang ditujukan untuk menangkap kebutuhan konsumen secara cepat dalam cakupan lokal saja. Tentunya konsumen akan mencari informasi yang mereka butuhkan lewat twitter/google dan platform sejenis dari ponsel mereka kan? Nah, manfaatkan itu.

Kenapa bisnis lokal kita butuh itu?

Ponsel entah itu iPhone, BlackBerry, Android, layar sentuh atau bukan, adalah benda pertama yang dipegang orang saat bangun pagi atau sesaat sebelum tidur malam.

Jika kita menggunakan teknis #SoLoMo ini, maka sebagai pemilik bisnis kita bisa lebih dekat dengan calon konsumen , 24 jam sehari.

Percaya pada saya, kita semua di sini adalah pengguna ponsel kan? Nah, berdasarkan data webcoach, calon konsumen selalu mencari hal-hal berikut saat ingin membeli barang tertentu:

  • - nomor kontak
  • - alamat/ maps
  • - jam
  • - promo spesial/ kupon/ deal

Bayangkan jika kita mau mencari let say, capdase atau hardcase Samsung Galaxy S3 yang baru saja keluar. Posisi kita di Jakarta Selatan. Biasanya kita akan mencarinya di google , atau FJB kaskus dengan mengetik “Hardcase Samsung Galaxy S3″ . Biasanya pebisnis harcase sudah memasang Search Engine Marketing (SEM) di hasil pencarian Google. Sayangnya walau google.co.id, biasanya pebisnis yang memasang iklan itu adalah di luar Indonesia. Mungkin untuk FJB kaskus tidak menjadi masalah.

Nah, seni dari #SoLoMo adalah menangkap permasalahan seperti diatas, dari social media seperti Facebook, Twitter, G+dan sebagainya. Tools yang digunakan pun nantinya bervariasi. Bisa melalui apps. atau BOT twitter mungkin. Intinya,mulai sekarang tanamkan dalam pikiran kita. #SoLoMo hanyalah teknik marketing. Mobile internet adalah medium yang dapat mengubah isi pesan anda, untuk meraih lebih banyak konsumen.

Tren sudah muncul, peluang sudah ada, selanjutnya mau dilanjutkan atau tidak, semuanya terserah anda. :)


TAGS internet social media mobile marketing


-

Author

Follow Me